Logo Bloomberg Technoz

Belasan Juta Ton Bauksit RI Mengonggok Tak Bisa Dijual, Ada Apa?

Dovana Hasiana
02 July 2024 11:20

Bijih bauksit./Bloomberg-Nathan Laine
Bijih bauksit./Bloomberg-Nathan Laine

Bloomberg Technoz, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Bauksit dan Bijih Besi Indonesia (AP3BI) mengatakan kapasitas input bauksit dari smelter yang ada saat ini di Indonesia hanya berkisar antara 12—14 juta ton per tahun.

Sementara itu, menurut Pelaksana Harian Ketua Umum AP3BI Ronald Sulistyanto, penambang bisa menambang bijih bauksit hingga 30 juta ton per tahun.

Dengan demikian, kata Ronald, sisa bijih bauksit yang tidak diolah di smelter yang jumlahnya mencapai sekitar 16 juta ton hanya didiamkan begitu saja. Apalagi, setelah adanya larangan ekspor bijih bauksit yang telah dicuci (washed bauxite) oleh Presiden Joko Widodo sejak Juni 2023 untuk mendorong industri smelter dalam negeri.

“Tidak bisa [diapa-apakan], ya didiemin saja di onggokan bauksit. Lama-lama karena air hujan, tidak bisa dijual lagi,” ujar Ronald kepada Bloomberg Technoz, dikutip Selasa (2/7/2024).

Ronald mengatakan kapasitas penambang bijih bauksit memang berkurang sejak larangan ekspor pada Juni 2023 tersebut. Namun, penambang terpaksa tetap harus melakukan aktivitasnya agar menjaga mesin untuk tetap berjalan.

Bongkahan bauksit mentah./Bloomberg-Waldo Swiegers