Logo Bloomberg Technoz

Sekadar informasi, ribuan pekerja yang tergabung dalam aliansi IKM & Pekerja Tekstil Indonesia sebelumnya telah melakukan unjuk rasa atas badai PHK industri TPT yang masih menghantui sektor tersebut hingga tahun ini, pada Kamis (27/6/2024. 

Mewakili serikat pekerja TPT yang berdemo saat itu, Ketua Umum Indonesia Pengusaha Konfeksi Berkarya (IPKB) Nandi Herdiaman menyuarakan penolakan praktik impor borongan atau kubikasi dan semua bentuk praktik impor ilegal, serta menuntut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani (Srimul) untuk segera memberantas sarang mafia impor yang selama ini dituding bercokol di Direktorat Jenderal Bea Cukai.

Lebih lanjut, mereka juga menolak diberlakukannya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 8/2024 tentang pengendalian Impor, dan mengembalikannya kepada Permendag No. 36/2023.

"[Kami] Meminta bapak Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan untuk secara tegas menertibkan dan menyita barang-barang impor yang tidak sesuai standar yang saat ini beredar dan diperjualbelikan baik secara online maupun offline," tegasnya.

(prc/wdh)

No more pages