Logo Bloomberg Technoz

Investasi Kemahalan, Smelter Bauksit Tak Bernasib Semoncer Nikel

Dovana Hasiana
02 July 2024 10:40

Bauksit yang telah dicuci atau washed bauxite./Bloomberg-Paulo Fridman
Bauksit yang telah dicuci atau washed bauxite./Bloomberg-Paulo Fridman

Bloomberg Technoz, Jakarta Asosiasi Pengusaha Bauksit dan Bijih Indonesia (AP3BI) melayangkan sejumlah masukan kepada pemerintah untuk mendorong pembangunan smelter bauksit di Indonesia, di tengah rendahnya minat investasi di sektor tersebut.

Pelaksana Harian Ketua Umum AP3BI Ronald Sulistyanto mengatakan pemerintah bisa membantu pelaku usaha dalam mendapatkan investasi ihwal pembangunan smelter bauksit.

Menurutnya, pemerintah tidak hanya bisa serta-merta mengawal progres pembangunan smelter, tetapi juga harus turut terlibat dalam membantu mendapatkan investasi.

Ronald menggarisbawahi investasi yang dibutuhkan untuk smelter bauksit mencapai US$1,2 miliar (atau Rp19,6 triliun dengan asumsi kurs saat ini). Angka ini disebut lebih besar dibandingkan investasi smelter nikel.

“Kalau kita [smelter bauksit] untuk 2 juta ton saja sekarang sudah US$1,2 miliar, makin besar jumlahnya kalau dirupiahkan karena dolar menguat. Sementara nikel, ada tingkatannya, US$200—US$400 juta sudah jadi,” ujar Ronald kepada Bloomberg Technoz, dikutip Selasa (2/7/2024).

Bongkahan bauksit mentah./Bloomberg-Waldo Swiegers