Logo Bloomberg Technoz

Lelang Sukuk Hari Ini Dibayangi Aksi Jual Pasar Global

Tim Riset Bloomberg Technoz
02 July 2024 10:00

Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah menggelar lelang rutin Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk negara pada pagi hingga siang hari nanti, Selasa (2/7/2024). Lelang akan dilangsungkan di tengah sentimen pasar global yang tengah berbalik bearish akibat ketidakpastian baru perpolitikan di Amerika Serikat (AS) dan Zona Euro.

Lelang menargetkan perolehan indikatif Rp11 triliun, menawarkan dua seri tenor pendek SPNS (Surat Perbendaharaan Negara Syariah) dan lima seri PBS (Project Based Sukuk). 

Lelang diperkirakan masih akan mendapatkan sambutan lebih baik dari pasar dibandingkan lelang sukuk sebelumnya, menyusul sentimen dalam negeri yang masih optimistis pasca ketidakpastian prospek fiskal pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto, termoderasi. 

Namun, sentimen pasar global mungkin akan membuat para pelaku pasar lebih waspada. Lanskap pasar saat ini tengah diselimuti sentimen negatif.

Dinamika perpolitikan di Prancis, negara dengan ukuran ekonomi kedua terbesar di Uni Eropa setelah Jerman, menjadi perhatian pasar setelah partai sayap ultra nasionalis Le Pen memenangkan pemilihan umum pertama. Kemenangan sayap ultra kanan itu memicu kecemasan kebijakan ke depan Eropa akan semakin proteksions.