Logo Bloomberg Technoz

Ukuran harga bahan baku yang dibayarkan oleh produsen ambles 4,9 poin, penurunan terbesar sejak Mei 2023. Pada angka 52,1, indeks ini sekaligus menunjukkan pertumbuhan biaya paling lambat tahun ini.

Di pasar AS, sembilan industri melaporkan aktivitas kontraksi pada Juni, dipimpin oleh pabrik tekstil, mesin, dan logam fabrikasi. Sedangkan, lainnya ada delapan industri masih menunjukkan pertumbuhan.

Namun demikian, meskipun aktivitas manufaktur secara keseluruhan masih menunjukkan pelemahan, masih ada sinyal positif bagi produsen yaitu kenaikan pada indeks pesanan baru ISM. Ukuran tersebut rebound hampir 4 poin menjadi 49,3, yang mencerminkan angka pemesanan mendekati stabilisasi.

Selanjutnya investor menunggu dengan cermat rilis data ketenagakerjaan yang keluar di pekan ini. Konsensus pasar memperkirakan perekonomian AS menciptakan 195.000 lapangan kerja non-pertanian (Non-Farm Payroll/NFP) pada Juni, jauh di bawah angka bulan sebelumnya yang mencapai 272.000.

Data aktivitas manufaktur tersebut, dan mungkin perlambatan di pasar tenaga kerja menunjukkan bahwa perekonomian Negeri Paman Sam mulai ‘Mendingin’ akibat kebijakan moneter ketat. 

(fad)

No more pages