Logo Bloomberg Technoz

Produksi Minyak OPEC Stabil, Irak & UEA Langgar Kesepakatan Kuota

News
02 July 2024 07:40

Gedung kantor pusat OPEC di Wina, Austria./Bloomberg- Andrey Rudakov
Gedung kantor pusat OPEC di Wina, Austria./Bloomberg- Andrey Rudakov

Grant Smith, Julian Lee dan Bill Lehane - Bloomberg News

Bloomberg, Produksi minyak mentah OPEC tetap stabil selama tiga bulan berturut-turut. Sementara beberapa anggota utama terus memproduksi minyak melebihi batas yang disepakati.

Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (Organization of Petroleum Exporting Countries/OPEC) memproduksi rata-rata 26,98 juta barel per hari di bulan Juni, atau 80.000 barel per hari lebih sedikit dibandingkan bulan sebelumnya, menurut survei Bloomberg. Penurunan kecil di Irak dan Nigeria mendorong penurunan tersebut.

Survei tersebut menunjukkan bahwa Irak dan Uni Emirat Arab belum sepenuhnya menerapkan pengurangan produksi yang disepakati bersama dengan anggota utama lainnya pada awal tahun ini. Baghdad juga gagal untuk menindaklanjuti pembatasan kompensasi tambahan yang dijanjikan untuk mengimbangi kecurangan sebelumnya.

Pemangkasan produksi oleh OPEC dan mitranya, yang dipimpin oleh pemimpin kelompok tersebut, Arab Saudi, telah berhasil menyeimbangkan pasar global melawan gelombang pasokan baru dari AS dan negara-negara lain di Amerika. Minyak mentah Brent diperdagangkan mendekati US$87 per barel, mendekati harga tertinggi dalam hampir dua bulan.