Logo Bloomberg Technoz

Para pejabat berkumpul pada saat yang sensitif bagi Eropa karena pasar mempertimbangkan seberapa besar kekuatan yang akan dimiliki kelompok sayap kanan Perancis setelah pemilu berakhir akhir pekan depan. Drama ini membayangi perdebatan mengenai arah suku bunga, yang mulai dipangkas oleh ECB dari rekor tertinggi bulan lalu. Inflasi yang membandel telah mengaburkan jalan bagi pergerakan lebih lanjut.

Perkiraan pertumbuhan harga konsumen di kawasan euro pada bulan Juni akan dirilis pada hari Selasa, dengan analis memperkirakan sedikit perlambatan menjadi 2,5% dari 2,6%. Simkus mengatakan meskipun ada kenaikan pada awal tahun ini, namun masih berada pada jalur yang tepat untuk mencapai target 2%.

“Kami tahu bahwa tahap terakhir dalam proses disinflasi akan sulit dan penuh rintangan,” katanya. “Tetapi inflasi jelas mendekati target kami. Saya rasa kita tidak meremehkan sifat lengketnya.”

Mengenai imbal hasil obligasi Perancis, yang melonjak setelah Presiden Emmanuel Macron menyerukan pemilihan parlemen yang dipercepat, pejabat Lituania mengatakan dia tidak melihat perkembangan pasar yang “tidak teratur”.

“ECB merancang instrumen untuk mengatasi berbagai kelemahan di pasar keuangan,” ujarnya. “Kami memiliki alat-alat tersebut, namun alat-alat tersebut tidak diperlukan pada saat ini karena kebijakan moneter disalurkan dengan lancar ke seluruh negara kawasan euro.”

(bbn)

No more pages