Logo Bloomberg Technoz

ECB Berpotensi Pangkas Suku Bunga 2 Kali Lebih Banyak Tahun Ini

News
02 July 2024 05:40

Gedung ECB (Sumber: Bloomberg)
Gedung ECB (Sumber: Bloomberg)

Mark Schroers dan Alexander Weber - Bloomberg News

Bloomberg, Asumsi bahwa Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) akan menurunkan biaya pinjaman dua kali lebih banyak pada 2024 bisa jadi terbukti benar jika perekonomian berkembang sesuai prediksi para pejabat, menurut Anggota Dewan Pengurus ECB Gediminas Simkus.

“Ekspektasi untuk dua pemotongan lagi tahun ini sejalan dengan pemikiran saya, jika data berkembang sesuai harapan,” kata Gubernur Bank Sentral Lithuania pada hari Senin dalam sebuah wawancara. “Kebijakan moneter kami masih sangat ketat. Saya yakin semua yang berada di atas 3% masih merupakan wilayah yang membatasi. Jadi kita punya ruang untuk bermanuver.”

Berbicara di sela-sela forum tahunan ECB di Sintra, Portugal, Simkus mengatakan para pejabat harus siap untuk bertindak pada pertemuan apa pun – bukan hanya pertemuan triwulanan di mana para stafnya menghasilkan proyeksi ekonomi baru.

“Saya pikir kasus pemotongan pada Juli sudah hilang,” kata Simkus. “Tetapi untuk masa depan, kita tidak boleh membatasi diri pada pertemuan proyeksi saja. Jika kita sepakat bahwa ada kebutuhan untuk melakukan pemotongan pada pertemuan non-proyeksi, kita harus bisa bertindak.”