Logo Bloomberg Technoz

China akan Kembangkan Teknologi Mirip Neuralink Milik Elon Musk

News
02 July 2024 06:40

Neuralink. (Sumber: Bloomberg)
Neuralink. (Sumber: Bloomberg)

Foster Wong - Bloomberg News

Bloomberg, Pada Senin (1/7/2024), Pemerintah China mengatakan pihaknya berencana menugaskan sebuah komite dengan merancang standar untuk memandu penggunaan brain-computer interface atau antarmuka otak-komputer. Ini merupakan tanda bahwa negara tersebut bermaksud untuk meningkatkan pengembangannya sendiri atas teknologi baru ini.

Negeri Tirai Bambu akan mengundang pakar industri dan teknis yang relevan dari perusahaan, lembaga penelitian, universitas, dan industri lainnya untuk mengerjakan serangkaian standar. Hal ini termasuk pengkodean dan penguraian informasi otak, komunikasi data, dan visualisasi data, sesuai dengan rencana yang diterbitkan oleh Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, Teknologi Informasi.

Brain-computer interface adalah bidang penelitian teknis yang relatif baru di mana sinyal dari otak digunakan untuk mengendalikan perangkat eksternal – misalnya, anggota tubuh robot. Perusahaan paling terkenal yang mengembangkan teknologi ini bisa jadi adalah Neuralink Corp, yang didirikan bersama oleh Elon Musk pada tahun 2016. Perusahaan tersebut sedang mengerjakan perangkat implan dan sedang mencari penderita quadriplegia untuk berpartisipasi dalam uji klinis, menurut situs webnya.

Pengumuman pemerintah China ini merupakan sinyal bahwa mereka berniat untuk mempercepat pengembangan teknologi serupa untuk menyaingi pesaing barat seperti Neuralink, setelah sebagian besar memusatkan upayanya pada bidang penelitian akademis.