Logo Bloomberg Technoz

Bank Dunia Rilis Bisnis Penjaminan, Berambisi 'Gandakan' US$20 M

News
02 July 2024 05:00

Kantor pusat World Bank Group saat pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Washington, DC, AS (Samuel Corum/Bloomberg)
Kantor pusat World Bank Group saat pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Washington, DC, AS (Samuel Corum/Bloomberg)

Eric Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Dunia atau World Bank meluncurkan program baru berupa bisnis penjaminan yang bertujuan untuk melipatgandakan jaminan menjadi US$20 miliar pada akhir dekade ini. Hal ini seiring dengan upayanya untuk memobilisasi triliunan dolar investasi guna membiayai pembangunan dan proyek iklim di negara-negara dengan tingkat kemiskinan yang tinggi.

Platform ini akan diselenggarakan oleh Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA) atau Badan Penjaminan Investasi Multilateral yang berbasis di Washington, Amerika Serikat (AS), katanya dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, dan akan memanfaatkan keahlian dari International Finance Corp milik bank tersebut, yang berinvestasi di sektor swasta.

Sejak mengambil alih Bank Dunia tahun lalu, Presiden Bank Dunia Ajay Banga fokus pada mobilisasi modal dari sektor swasta untuk memperbesar dampak pinjaman pembangunan, termasuk adaptasi perubahan iklim dan transisi ke energi ramah lingkungan.

Platform tersebut akan menyediakan tiga jenis jangkauan, menurut pernyataan itu. Perlindungan yang dimaksud adalah perlindungan risiko kredit untuk pinjaman kepada sektor publik atau dunia usaha; jaminan pembiayaan perdagangan untuk proyek-proyek yang melibatkan perusahaan publik; dan asuransi risiko politik terhadap risiko nonkomersial untuk proyek swasta atau kemitraan publik-swasta.