Logo Bloomberg Technoz

Divestasi Rampung, MIND ID Kuasai Mayoritas Saham PT Vale (INCO)

Dovana Hasiana
01 July 2024 19:20

Logo PT Mineral Industri Indonesia./dok. MIND ID
Logo PT Mineral Industri Indonesia./dok. MIND ID

Bloomberg Technoz, Jakarta - BUMN Holding Industri Pertambangan, PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID mengumumkan penyelesaian transaksi pembelian atau divestasi 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dari Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM).

Hal ini membuat MIND ID resmi menjadi pemegang saham mayoritas di PT Vale dengan porsi saham yang meningkat dari 20% menjadi sekitar 34%.  Sementara, kepemilikan VCL berkurang dari 44,4% menjadi sekitar 33,9%, dan kepemilikan SMM berkurang dari 15% menjadi sekitar 11,5%.

“Pada 28 Juni 2024, MIND ID telah merampungkan pengambilan bagian atas saham baru sebagai pelaksanaan atas seluruh Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) yang diperoleh MIND ID dalam Penambahan Modal Dengan Memberikan HMETD I PT Vale," ujar Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf dalam siaran pers, Senin (1/7/2024).

"Dan pembelian oleh MIND ID atas sebagian saham lama milik VCL, SMM, dan Vale Japan Limited di PT Vale melalui pasar negosiasi di Bursa Efek Indonesia.”  

Adapun, divestasi saham ini merupakan bagian dari kewajiban perpanjangan izin operasi selama 10 tahun yang diperoleh INCO melalui penerbitan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) hingga 28 Desember 2035.