Logo Bloomberg Technoz

Emiten Grup Djarum TOWR Rogoh Kocek Rp3,4 Triliun Akuisisi IBST

Sultan Ibnu Affan
01 July 2024 16:10

Ilustrasi bisnis menara telekomunikasi dan base transceiver atau BTS. (Dok: Sarana Menara Nusantara Tbk atau TOWR)
Ilustrasi bisnis menara telekomunikasi dan base transceiver atau BTS. (Dok: Sarana Menara Nusantara Tbk atau TOWR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten menara grup Djarum, PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) menuntaskan akuisisi 90,11% saham PT Inti Bangun Sejahtera Tbk (IBST) dengan nilai mencapai Rp3,42 triliun.

Akuisisi tersebut dilakukan melalui entitas usaha tidak langsung usahanya, PT iForte Solusi Infotek atau iFortek, dengan harga saham sebesar Rp2.813, yang resmi diteken hari ini, Senin (1/7/2024). Usai transaksi, iForte akan melakukan penawaran tender wajib.

"Transaksi ini merupakan langkah strategis bagi Protelindo Group untuk terus meningkatkan efisiensi operasional grup dan nilainya bagi klien," ujar Chief Executive Officer TOWR Ferdinandus Aming Santoso dalam siaran resminya.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama TOWR Adam Ghifari mengatakan, transaksi ini akan semakin memperkuat posisi anak usaha TOWR, Protelindo sebagai perusahaan digital infrastruktur independen terbesar di Indonesia.

Itu tecermin melalui peningkatan kepemilikan menara telekomunikasi kedua perusahaan yang digabung menjadi lebih dari 34.300 menara dengan hampir 58.000 penyewa.  Selain itu, jaringan serat kabel serat optik juga menjadi sepanjang 170 ribu km.