Logo Bloomberg Technoz

AS Kian Getol Galang Sekutu Dagang untuk Lawan China

News
05 April 2023 19:11

Kegiatan ekspor China (Sumber: Bloomberg)
Kegiatan ekspor China (Sumber: Bloomberg)

Eric Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Kepala Perwakilan Dagang Amerika Serikat atau U.S. Trade Representative Katherine Tai menegaskan Presiden Joe Biden terus berupaya menggandeng sekutu untuk melawan persaingan tidak sehat dari China.

Dalam kaitan itu, Washington berusaha untuk membuat perjanjian baru guna memperkuat rantai pasok Amerika dan mengatasi kerentanan dagang melawan Beijing yang sudah berlangsung lama.

Pemerintahan Biden, menurut Tai, mengadopsi strategi perdagangan yang mengatasi masalah yang gagal diantisipasi oleh AS dan mitra dagangnya pada masa lalu, seperti soal kebangkitan China dan dominasinya di banyak bagian ekonomi global.

Salah satu contoh strategi AS adalah membentuk Pengaturan Global tentang Baja dan Aluminium Berkelanjutan yang sedang dinegosiasikan bersama Uni Eropa (UE). Kesepakatan ini mencakup isu subsidi negara China yang sangat besar, yang memberi Beijing keuntungan yang tidak adil dan menyebabkan kelebihan produksi logam secara global. Akibatnya, harga logam buatan Amerika pun tertekan.