Logo Bloomberg Technoz

Pasca Pusat Data Lumpuh, Jokowi Minta Seluruhnya Pulih Bulan Ini

Muhammad Fikri
01 July 2024 13:21

Presiden Joko Widodo. Foto: Andre Malerba/Bloomberg
Presiden Joko Widodo. Foto: Andre Malerba/Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa pemerintah akan menyelesaikan permasalahan serangan siber pada Pusat Data Sementara (PDNS) di bulan Juli ini, sesuai permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut disampaikan Hadi usai melakukan rapat bersama dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Budi Arie Setiadi dan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian.

"Membahas terkait tindak lanjut perintah Presiden agar seluruh layanan publik dapat kembali normal pada bulan Juli 2024" kata Hadi di Kantor Kemenkopolhukam, Senin (1/7/2024).

Presiden juga meminta kepada pengelola Pusat Data Nasional Sementara (PDNS), yaitu Kominfo serta para vendor untuk memperkuat situs penyimpanan cadangan Cold Site yang berlokasi di Batam.

"Di backup oleh Cold Site yang ada di Batam dengan meningkatkan kemampuannya menjadi Cold Site khusus untuk pelayanan-pelayanan yang bersifat strategis" pungkasnya.