Logo Bloomberg Technoz

China Tawarkan Warga Asing di Hong Kong Visa Perjalanan 5 Tahun

News
01 July 2024 13:10

Wisatawan dari Hong Kong menaiki bus di luar penyeberangan perbatasan Teluk Shenzhen di Shenzhen. (Dok: Gilles Sabrie/Bloomberg)
Wisatawan dari Hong Kong menaiki bus di luar penyeberangan perbatasan Teluk Shenzhen di Shenzhen. (Dok: Gilles Sabrie/Bloomberg)

Danny Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Penduduk non-China di Hong Kong dan Makau akan dapat memasuki daratan China dengan lebih mudah setelah Beijing melonggarkan aturan visa untuk lebih mengintegrasikan kota-kota semi-otonom tersebut ke dalam rencana pembangunan nasional.

Penduduk jangka panjang yang bukan warga negara China akan memenuhi syarat untuk mendapatkan izin lima tahun untuk memasuki China daratan mulai 10 Juli. Demikian diumumkan oleh Administrasi Imigrasi Nasional China pada Senin (1/7/2024). Mereka dapat memasuki daratan beberapa kali hingga 90 hari per kunjungan.

Otoritas China mengatakan kebijakan ini bertujuan untuk mendukung peningkatan jumlah pengunjung non-Tionghoa dari Hong Kong dan Makau untuk tujuan bisnis dan liburan.

Kebijakan yang diumumkan pada peringatan 27 tahun kembalinya Hong Kong ke pemerintahan China ini juga dilihat sebagai dorongan untuk meningkatkan status bekas koloni Inggris tersebut sebagai pusat bisnis.