Logo Bloomberg Technoz

Ada Sentimen Negatif, Bitcoin dan Aset Kripto Ini Anjlok di Juni

Muhammad Julian Fadli
01 July 2024 12:50

Bitcoin.
Bitcoin.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perdagangan Aset Kripto sepanjang Juni 2024 diselimuti berbagai sentimen negatif, termasuk kabar melonjaknya penjualan Bitcoin dari perusahaan penambangan BTC (miner) dan dampak komentar Hawkish dari Bank Sentral Amerika Serikat dalam mempertahankan suku bunga tinggi (higher for longer).

Efeknya langsung terasa, sejumlah aset kripto tercatat drop hingga puluhan persen. Salah satunya adalah kripto unggulan Celestia TIA, ambles 40,91% di satu bulan perdagangan di Juni atau dalam 30 hari, berdasarkan data CoinMarketCap pada pukul 11.50 WIB.

Celestia adalah proyek modular blockchain yang mencuri perhatian pasca pertama kali diperdagangkan pada 31 Oktober, lalu bersamaan dengan peluncuran mainnet. Jaringan ini mengatasi tantangan skalabilitas yang jadi favorit layer 2.

Melansir Ledger, TIA utamanya punya  tiga peranan penting dalam menjaga keamanan. Holder TIA dapat mempertaruhkan token untuk berpartisipasi dalam tata kelola Celestia. Pengembang juga dapat menggunakan TIA untuk membayar penggunaan layanan ketersediaan data. Selain itu, pengembang yang menerapkan rollup sebagai token biaya gas, di jaringan Proof-of-Stake (PoS).

Adapun Bitcoin menghadapi tekanan jual yang signifikan selama sebulan perdagangan hingga menyebabkan harga melemah 6,58% dalam 30 hari perdagangan, juga sempat mencapai level terendah bulanan yaitu US$58.400 (Rp955 juta).

Grafik Perdagangan Bitcoin dalam Satu Bulan (CoinMarketcap)