Logo Bloomberg Technoz

Hyperdrive terbentuk tahun 2001. Aliansi buruh ini kini telah bernegosiasi atas kontrak tahunan terbaru untuk para pekerja Hyundai bidang perakitan.

Terdapat ancaman mogok kerja jika masih muncul ketidaksepakatan mengenai rencana perekrutan di masa depan. Hal lainnya adalah pembagian keuntungan dari rekor laba Hyundai pada tahun 2023.

Konflik ini jelas merupakan gema dari pemogokan enam minggu yang kontroversial antara serikat pekerja United Auto Workers dan produsen mobil Detroit Three pada musim gugur lalu.

Tepat minggu lalu di mana setidaknya 23 orang, sebagian besar pekerja migran dari Cina, tewas dalam kebakaran yang disebabkan oleh ledakan di pabrik baterai lithium, milik Aricell, di selatan Seoul. Merupakan insiden kecelakaan pabrik paling buruk sepanjang sejarah.

Pemerintah setempat kemudian telah membentuk gugus tugas untuk meningkatkan langkah-langkah keselamatan kebakaran di seluruh industri.

Bidang kerja serba otomatisasi di era transisi teknologi sektor otomotif dan mobil listrik. (Dok: Bloomberg)

Kami bertanya kepada sekretaris kebijakan Kim serikat pekerja Sang Min dan direktur eksekutif internasional serikat pekerja, Hyewon Chong, tentang bagaimana mereka menghadapi tantangan seperti kehilangan pekerjaan karena elektrifikasi dan otomatisasi, serta risiko keselamatan seiring dengan meningkatnya produksi baterai mobil listrik.

Bagaimana Anda melihat kebakaran baterai di Aricell? Baterai lithium-ion adalah komponen utama dari mobil listrik, dan mereka yang tewas sebagian besar adalah buruj migran yang dipekerjakan oleh perusahaan pihak ketiga.

Kami harus merombak sistem manajemen keselamatan mengingat risikonya yang luar biasa. Jika sebuah perusahaan akan membawa pekerja outsource  sementara, mereka harus memiliki sistem manajemen keselamatan untuk orang-orang ini.  

Aricell adalah anak perusahaan dari S-Connect dan ada sebuah perusahaan perekrutan outsourcing untuk para pekerja pabrik. Sistem semacam ini menghalangi pekerja untuk terhubung satu sama lain dan membantu pemberi kerja untuk mengontrol mereka dengan lebih mudah. Kami mencoba merespons tren ini. 

Hyundai mendorong elektrifikasi, membangun pabrik mobil listrik di Korea Selatan dan Amerika Serikat, serta fasilitas baru yang sangat otomatis di Singapura. Apa artinya ini bagi anggota?

Kunjungan ke pabrik Hyundai di Singapura menyadarkan kami bahwa akan sulit untuk mempertahankan pekerjaan kami. Jadi kami mencoba menuntut perusahaan untuk menciptakan lapangan kerja baru yang terkait dengan industri hijau.

Ini adalah sesuatu yang benar-benar kami pikirkan secara mendalam dan mempelajari tuntutan seperti apa yang benar-benar akan membuat perbedaan. Kami harus mengakui bahwa kami tidak memiliki peluru ajaib.

Menangani hal ini hanya di tingkat pabrik saja tidak akan cukup untuk mengatasi apa yang terjadi di masyarakat. Jika kita membatasi pandangan kita hanya di dalam tembok pabrik, sepertinya lapangan pekerjaan akan berkurang. Di sisi lain, ada juga pekerja yang akan membuat robot.

Akan seperti apa wujudnya?

Kami menandatangani perjanjian tentang transformasi industri dengan pengusaha industri logam Korea pada tahun 2021. Tahun ini kami berfokus pada rantai pasokan, sebuah rencana yang disebut “transisi yang adil,” di mana produsen mobil mengambil tanggung jawab keseluruhan untuk mewujudkan netralitas karbon dalam rantai pasokan mereka.

Kita harus mengembangkan klaster dan strategi untuk berbagai wilayah untuk sub-sektor yang berbeda. Kerangka kerja konsultasi harus dibuat agar masyarakat setempat dan perusahaan serta serikat pekerja dapat menemukan strategi untuk menyelaraskan kembali produksi ekonomi mereka pada sesuatu yang dibutuhkan, sesuatu yang akan melanjutkan lapangan kerja secara berkelanjutan.

Populasi pekerja di Korea Selatan menyusut seiring dengan pensiunnya generasi baby boomer pasca perang, dan perusahaan-perusahaan semakin banyak mempekerjakan pekerja migran. Bagaimana Anda berkomunikasi dengan generasi baru ini?

Kami menerbitkan buletin dalam berbagai bahasa untuk menyampaikan informasi yang perlu mereka ketahui, seperti cara menghitung gaji pokok di Korea. Menghapus diskriminasi terhadap pekerja migran adalah salah satu dari tiga isu utama yang kami rencanakan untuk dinegosiasikan dengan perusahaan-perusahaan tahun ini.

Kami juga mencoba membantu mereka menstandarisasi perjanjian kerja mereka, karena pekerja migran terkadang membutuhkan klausul khusus seperti cara-cara untuk meningkatkan kondisi kehidupan mereka di tempat penampungan.  

Apakah Gen-Z tertarik untuk bergabung dengan serikat pekerja? Dalam salah satu buletin Anda, seorang anggota serikat pekerja mengatakan bahwa generasi muda sekarang ini memiliki “kemauan yang lebih lemah untuk melawan” manajemen.

Gen-Z dan milenial masih merupakan bagian yang sangat kecil dari populasi di serikat pekerja logam dan usia rata-rata pekerja yang tergabung dalam serikat pekerja terus meningkat.

Jadi, memang benar bahwa tren demografis membuat generasi muda lebih jarang bersuara dibandingkan generasi yang lebih tua.

Ada pandangan, yang sedikit berprasangka, bahwa generasi muda tidak terlalu tertarik dengan perselisihan perburuhan dan mereka cenderung fokus pada kepentingan mereka sendiri. 

Namun, kami melihat beberapa serikat pekerja yang baru dibentuk oleh kelompok pekerja muda dan mereka menunjukkan tindakan yang tidak pernah kami lihat sebelumnya, seperti berselisih dengan penjaga pintu di pabrik. Mereka mencoba melakukan sesuatu yang berbeda dari generasi yang lebih tua.

(bbn)

No more pages