Logo Bloomberg Technoz

Kalender Ekonomi Sepekan: Data Pengangguran AS Jadi Sorotan

Tim Riset Bloomberg Technoz
01 July 2024 10:30

Jerome Powell Ketua The Fed (Samuel Corum/Bloomberg)
Jerome Powell Ketua The Fed (Samuel Corum/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kalender ekonomi pekan ini, 1-5 Juli, tidak terlalu padat. Namun, tetap ada beberapa data dan event penting yang akan menjadi perhatian pasar karena bisa berdampak pada prospek bunga acuan global ke depan.

Pidato Gubernur Federal Reserve Jerome Powell akan menjadi perhatian pelaku pasar yang menanti sinyal lebih banyak tentang kebijakan bunga acuan ke depan setelah akhir pekan lalu data inflasi PCE (Personal Consumption Expenditure) melegakan pasar.

Amerika Serikat juga akan melaporkan angka tingkat pengangguran bulan Juni yang bisa memberikan keyakinan lebih besar bagi pelaku pasar terhadap skenario penurunan bunga The Fed sebanyak dua kali pada tahun ini.

Amerika juga melaporkan angka gaji, nonfarm payroll bulan Juni yang akan melengkapi pembacaan pasar terhadap arah bunga the Fed.

Dari Asia, pelaku pasar tidak banyak memiliki jadwal yang krusial. Di awal pekan, Indonesia akan melaporkan data inflasi Juni, disusul oleh Korea Selatan yang akan merilis data ekspor. Juga, indeks PMI Caixin Manufaktur China.