Logo Bloomberg Technoz

AS Akan Mendakwa Boeing dengan Tuduhan Penipuan Kriminal

News
01 July 2024 10:30

Boeing.
Boeing.

Allyson Versprille dan Chris Strohm - Bloomberg News

Bloomberg, Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) akan mendakwa Boeing Co dengan tuduhan penipuan kriminal. Ini membuat perusahaan pembuat pesawat itu harus memilih antara mengaku bersalah atau mengambil risiko diadili.

Boeing memiliki waktu hingga akhir pekan ini untuk memutuskan apakah akan mengaku bersalah atas dakwaan tersebut, kata departemen tersebut kepada keluarga korban dua kecelakaan fatal 737 Max dan pengacara mereka dalam sebuah pertemuan pada Minggu. Demikian menurut orang-orang yang tidak ingin disebutkan namanya yang membahas masalah rahasia.

Departemen tersebut akan memberi tahu Boeing bahwa mereka harus membayar denda pidana tambahan sebesar US$243,6 juta di atas US$243,6 juta yang telah dibayarkan melalui perjanjian penuntutan yang ditangguhkan pada tahun 2021, sehingga jumlah total denda mendekati US$500 juta. Perusahaan juga harus menyewa pengawas perusahaan selama tiga tahun.

Para pejabat dari bagian penipuan Departemen Kehakiman dan Kantor Pengacara AS untuk Distrik Utara Texas menghadiri pertemuan pada Minggu tersebut, menurut email yang dilihat oleh Bloomberg.