Logo Bloomberg Technoz

Kementerian pertahanan Seoul mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa latihan "Freedom Edge" merupakan respons terhadap program nuklir dan rudal Korut, sembari menepis kritik Pyongyang.

Korsel mengatakan akan meninjau kemungkinan memasok senjata secara langsung ke Ukraina, sebagai protes terhadap pakta pertahanan bersama yang ditandatangani antara pemimpin Korut Kim Jong Un dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Korsel dan AS menuduh Korut memasok senjata ke Rusia yang digunakan dalam perang Ukraina. Baik Rusia maupun Korut menyangkal adanya transaksi semacam itu.

Partai berkuasa Korut mengadakan pertemuan pada Jumat dan Sabtu yang dipimpin oleh Kim, yang pada hari kedua membahas "penyimpangan-penyimpangan" yang menghambat perkembangan ekonomi dan menetapkan fokus untuk paruh kedua tahun ini.

Korut telah lama mengutuk latihan gabungan antara AS dan Korsel sebagai latihan untuk invasi dan bukti dari kebijakan yang bermusuhan oleh Washington dan Seoul.

Tahun lalu, AS, Korsel, dan Jepang menggelar latihan pertahanan rudal angkatan laut dan latihan anti-kapal selam bersama untuk meningkatkan tanggapan terhadap ancaman Korut.

(red/ros)

No more pages