Logo Bloomberg Technoz

Amerika Serikat

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi inti, yang tidak mencakup item makanan dan energi yang bergejolak, meningkat 0,1% dari bulan sebelumnya. Itu menandai kemajuan terkecil dalam enam bulan. Belanja konsumen yang disesuaikan dengan inflasi mencatat kemajuan yang solid setelah penurunan pada bulan April, didorong oleh barang-barang dan sebagian didorong oleh lonjakan pendapatan.

Persediaan rumah baru di AS berada pada level tertinggi sejak pecahnya gelembung perumahan lebih dari satu dekade lalu, sehingga meningkatkan risiko bahwa para pengembang akan mengurangi produksi karena pasar mendambakan biaya pinjaman yang lebih murah. Hampir 100.000 di antaranya telah selesai dibangun dan masih menunggu pembeli, jumlah terbesar dalam lebih dari 14 tahun.

Dari semua negara bagian yang menjadi medan pertempuran dalam pemilihan presiden AS, tidak ada yang lebih sulit bagi Joe Biden dan Donald Trump selain Nevada. Hal ini karena negara bagian tersebut – dengan jumlah penduduk yang relatif sedikit dan sebagian besar penduduk berbahasa Spanyol – sangat sulit untuk melakukan jajak pendapat.

Eropa

Inflasi Perancis sedikit melambat – memperkuat keputusan Bank Sentral Eropa untuk mulai memangkas suku bunga yang mencapai rekor tertinggi dan menawarkan titik terang ekonomi bagi Presiden Emmanuel Macron dua hari sebelum pemilu. Rilis terpisah juga menunjukkan penurunan inflasi di Spanyol. Di Italia, inflasi meningkat namun tetap di bawah 1%.

Riksbank mempertahankan biaya pinjaman tidak berubah dan mengatakan pihaknya memperkirakan akan melanjutkan pelonggaran lagi dengan sebanyak tiga kali pemotongan pada paruh kedua tahun ini. Bank sentral Swedia, yang mempertahankan suku bunganya pada 3,75%, mengatakan bahwa pertumbuhan harga konsumen sebagian besar berjalan sesuai antisipasinya, sehingga memungkinkan penurunan suku bunga lebih lanjut pada waktunya.

Asia

Inflasi di Tokyo meningkat pada bulan Juni didukung oleh kenaikan harga energi dan output industri yang meningkat lebih dari perkiraan pada bulan Mei, sehingga kemungkinan besar membuat Bank of Japan tetap berada pada jalur yang tepat untuk mempertimbangkan kenaikan suku bunga pada awal bulan Juli. Lemahnya yen membantu mendukung pertumbuhan harga pada bulan Juni, dan tetap berada di bawah tekanan, diperdagangkan sekitar 160,60 terhadap dolar pada Jumat pagi di Tokyo.

Inflasi Australia meningkat lebih cepat dari perkiraan selama tiga bulan berturut-turut di bulan Mei, membuat mata uangnya lebih tinggi karena para pedagang meningkatkan spekulasi bahwa Reserve Bank akan melanjutkan kenaikan suku bunga pada pertemuan berikutnya. Laporan ini muncul setelah Gubernur RBA Michele Bullock menyatakan kembali pekan lalu bahwa dewan penentu suku bunga tidak mengesampingkan kenaikan suku bunga setelah mempertahankan suku bunga acuan pada level tertinggi dalam 12 tahun sebesar 4,35%.

Pendapatan fiskal Tiongkok menyusut pada laju tercepat dalam lebih dari satu tahun, sehingga memicu ekspektasi bahwa pemerintah akan melakukan revisi anggaran pertengahan tahun yang jarang terjadi untuk membantu pemulihan ekonomi. Anggaran pemerintah berada di bawah tekanan karena melambatnya pertumbuhan ekonomi yang membebani pendapatan pajak, sementara penurunan pasar properti selama beberapa tahun memangkas pendapatan dari penjualan tanah.

Pasar Negara Berkembang

Pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi sedang mempertimbangkan langkah-langkah peningkatan konsumsi senilai lebih dari 500 miliar rupee ($6 miliar) dalam anggaran India yang akan datang, termasuk pemotongan pajak bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Kepercayaan di kalangan pelaku usaha pertanian di Afrika Selatan turun ke level terendah dalam hampir 15 tahun karena kekeringan yang disebabkan oleh El Niño berdampak pada tanaman biji-bijian. Kekeringan ini terjadi bersamaan dengan tantangan-tantangan lain yang sudah berlangsung lama, seperti infrastruktur jalan yang tidak memadai dan penyediaan layanan kota. Tantangan penyakit hewan yang berkepanjangan dan meningkatnya ketegangan geopolitik juga menjadi kekhawatiran sektor ini, menurut kamar dagang tersebut.

Pakistan akan melancarkan operasi keamanan untuk menahan lonjakan serangan teroris yang menargetkan proyek infrastruktur Tiongkok dan warganya ketika Islamabad berupaya meningkatkan hubungan ekonomi dengan Beijing. Kedua pemerintah berupaya untuk menghidupkan kembali proyek Koridor Ekonomi Tiongkok-Pakistan, sebuah jaringan infrastruktur jalan raya, kereta api, dan pelabuhan di bawah inisiatif Belt and Road.

Dunia

Swedia, Guatemala, Filipina, Turki dan Meksiko diadakan. Bank sentral Ceko mengisyaratkan kemungkinan akan memperlambat atau bahkan mungkin menghentikan pelonggaran moneter secara cepat karena para pejabat bertujuan untuk mencegah kembalinya inflasi. Maroko memangkas suku bunga untuk pertama kalinya dalam empat tahun. Kolombia juga menurunkan biaya pinjaman.

Exxon Mobil Corp. mengambil langkah pertama menuju proyek minyak ketujuh di Guyana, sebuah sinyal yang jelas bahwa perusahaan supermajor tersebut bermaksud untuk memperluas produksi minyak mentah dari negara Amerika Selatan tersebut hingga dekade berikutnya.

(bbn)

No more pages