Logo Bloomberg Technoz

Separuh wilayah Yunani berada dalam peringatan kebakaran tingkat tinggi atau sangat tinggi pada akhir pekan ini, terutama karena angin kencang yang dalam beberapa kasus mencapai kecepatan 88 kilometer (55 mil) per jam. Dalam 24 jam hingga Sabtu malam, pemadam kebakaran menghadapi 54 kebakaran hutan.

Hal ini terjadi setelah periode hampir dua pekan pertempuran terus-menerus dengan kebakaran di seluruh negeri di tengah suhu yang lebih tinggi dari biasanya, angin kencang, dan kekeringan yang menyebabkan kondisi yang mudah terbakar.

Dalam 24 jam hingga Jumat malam, negara ini menghadapi 44 kebakaran. Pada saat yang sama, hujan lebat di wilayah utara menyapu jalan-jalan di Thessaloniki, kota terbesar kedua di Yunani.

Pemerintah telah menerapkan langkah-langkah ekstra seperti patroli pengawasan dari udara dan patroli darat oleh angkatan bersenjata. Pemerintah juga melarang masyarakat untuk tinggal di kawasan rentan seperti hutan dan taman nasional.

Yunani, Spanyol dan Italia diperkirakan akan mengalami kondisi musim panas terpanas pada Juli, menurut ahli meteorologi yang disurvei oleh Bloomberg. Suhu di Yunani naik di atas 40C (104F) pada Juni.

(bbn)

No more pages