Logo Bloomberg Technoz

Hadapi Musim Panas Terburuk, Yunani Darurat Kebakaran Hutan

News
30 June 2024 19:30

Kebakaran hutan. (Jordan Vonderhaar/Bloomberg)
Kebakaran hutan. (Jordan Vonderhaar/Bloomberg)

Sotiris Nikas - Bloomberg News

Bloomberg, Dua kebakaran hutan terjadi pada Sabtu di dekat ibu kota Yunani, dengan kebakaran ketiga terjadi di pulau Serifos di Cyclades, karena sebagian besar negara masih dalam siaga tinggi terhadap kebakaran.

Evakuasi diperintahkan di Serifos, karena kebakaran mengancam properti. Dinas pemadam kebakaran mengirimkan lebih banyak personel ke pulau itu untuk memadamkan api, tetapi dibutuhkan beberapa jam untuk sampai ke sana dari pulau-pulau tetangga dan dari Athena – dan angin kencang di Laut Aegea membuat perjalanan semakin sulit.

Salah satu kebakaran di dekat Athena terjadi di Gunung Parnitha – yang tahun lalu dilanda kebakaran hutan yang parah – dan membakar kawasan hutan. Asap terlihat dan bau terbakar tercium dari Athena. Petugas pemadam kebakaran berhasil mengendalikan api dalam tiga jam.

Kebakaran kedua terjadi di daerah Apsropirgos, barat laut Athena, tempat kebakaran hutan terjadi pada 2023 dan awal tahun ini. Pihak berwenang meminta warga untuk mengevakuasi sebagian area tersebut sementara petugas pemadam kebakaran berupaya mencegah penyebaran api.