Logo Bloomberg Technoz

Harga Beras Dunia Mahal, Apa Kabar Rencana Impor 2 Juta Ton?

Rezha Hadyan
05 April 2023 16:58

Pengangkutan beras Bulog. (Dok Bulog.co.id)
Pengangkutan beras Bulog. (Dok Bulog.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Rencana impor beras yang akan dilakukan Indonesia untuk mengisi kekosongan stok cadangan beras pemerintah (CBP) tampaknya tak berjalan mulus. Selain kesulitan mendapatkan negara pemasok, tingginya harga beras di pasar internasional juga membayangi rencana yang menuai penolakan dari kalangan petani itu.

Ketua Umum Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI) Dwi Andreas Santosa menyebut harga beras dunia sejak awal 2023 mengalami kenaikan imbas menipisnya stok di negara produsen, termasuk Indonesia. 

Kenaikan tersebut masih akan berlanjut seiring dengan rencana Indonesia mengimpor 2 juta ton beras hingga akhir tahun ini.

Berdasarkan data Badan Pangan dan Pertanian Dunia atau Food and Agriculture Organization (FAO), indeks harga beras dunia berada di angka 125,1 pada Februari 2023. Angka tersebut mengalami kenaikan hingga 22% dibandingkan dengan indeks pada awal tahun ini atau Januari 2023.

Pengadaannya kan yang 500.000 ton ini diminta segera. Paling cepat itu 2,5 bulan prosesnya.

Ketua Umum Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI) Dwi Andreas Santosa

FAO juga mencatat harga beras dunia mengalami kenaikan hingga 6,2% dari bulan ke bulan. Kenaikan tersebut dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan yang tidak diiringi oleh ketersediaan pasokan di negara-negara produsen.