Logo Bloomberg Technoz

Hal ini imbas dari kampanye Beli Lokal yang digencarkan Tokopedia dan ShopTokopedia sejak Harbolnas 12 Desember 2023 lalu disambut dengan antusiasme tinggi dari masyarakat. 

"Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fashion dan Kesehatan hingga Rumah Tangga adalah beberapa kategori yang paling laris di kampanye Beli Lokal di Tokopedia selama enam bulan belakangan," ungkap Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan.

Sedangkan di ShopTokopedia, yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, tercatat bahwa produk kecantikan, perawatan tubuh, makanan dan minuman, perabotan rumah tangga dan perlengkapan dapur, mengalami kenaikan penjualan tertinggi dengan rata-rata kenaikan lebih dari 3 kali lipat selama periode 12 Desember 2023-12 Juni 2024 dibandingkan periode 12 Desember 2022-12 Juni 2023.

"Kampanye Beli Lokal adalah upaya Tokopedia dan ShopTokopedia untuk mendorong produk brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat dari seluruh Indonesia agar bisa terus berkontribusi pada perekonomian nasional. Saat ini, ada lebih dari 21 juta penjual tergabung di platform Tokopedia dan ShopTokopedia. Kami berharap kehadiran kampanye Beli Lokal bisa memberi jangkauan yang semakin luas bagi pada brand lokal melalui Tokopedia dan ShopTokopedia di aplikasi TikTok," jelas Aditia.

Kampanye Beli Lokal terbukti telah menjangkau berbagai daerah di Indonesia. Hal ini terlihat dari beberapa daerah dengan jumlah transaksi paling tinggi lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia, antara lain, seluruh Pulau Jawa, Bali, Sumatra Utara, Sumatra Selatan dan Lampung.

Selain itu, Tokopedia juga mencatat subkategori Ibu dan Bayi mengalami kenaikan penjualan hingga lebih dari 2 kali lipat lewat kampanye Beli Lokal dibandingkan sebelum kampanye tersebut berlangsung. 

Tren belanja online ‘Beli Lokal’ di ShopTokopedia di sejumlah wilayah dan produk

Aditia mengatakan ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok, mencatat daerah Sumatra Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Bali sebagai beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di kampanye Beli Lokal dibandingkan sebelum periode kampanye tersebut, dengan rata-rata kenaikan hingga lebih dari 2,5 kali lipat.

Selain itu, ShopTokopedia melihat beberapa kategori produk yang mengalami kenaikan penjualan yang tertinggi lewat kampanye Beli Lokal, antara lain, produk kecantikan, perawatan tubuh, makanan dan minuman, perabotan rumah tangga dan perlengkapan dapur, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 3 kali lipat.

“ShopTokopedia pun mencatat deretan produk yang paling diburu masyarakat di berbagai kategori lewat kampanye Beli Lokal. Misalnya, dalam kategori Kecantikan di ShopTokopedia, produk-produk yang terlaris adalah moisturizer atau pelembab wajah, masker wajah, lipstik dan lipgloss, sunscreen atau krim tirai matahari, dan parfum,” ujar Aditia.

Produk-produk fesyen juga laris manis lewat kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia. Hal ini terbukti dari beberapa produk yang terlaris sepanjang Beli Lokal berlangsung, misalnya tas selempang, t-shirt, blouse dan kemeja, sendal hingga gamis. 

Selain itu, pada kategori Makanan dan Minuman di ShopTokopedia, produk-produk yang paling diburu masyarakat lewat kampanye Beli Lokal, antara lain keripik, coklat dan snack coklat, kopi, kue dan hotpot instan.

“Kampanye Beli Lokal terbukti mendongkrak penjualan para pelaku usaha, khususnya brand lokal di ShopTokopedia. Hal ini terbukti dari kenaikan penjualan brand lokal yang mencapai hampir 2,5 kali lipat selama kampanye Beli Lokal berlangsung,” tambah Aditia.

(dec/spt)

No more pages