Logo Bloomberg Technoz

Proyek strategis lainnya yakni proyek PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang berfokus pada upaya mengatasi kendala angkutan logistik. PTBA akan mengembangkan solusi untuk mengatasi kendala ini dengan melakukan pengembangan kapasitas angkutan lainnya.

Selanjutnya, MIND ID melalui PT Aneka Tambang Tbk juga melakukan Commodity Monetizing di antaranya proyek EV Battery, proyek dragon dan proyek titan yang untuk meningkatkan pemanfaatan komoditas mineral dalam produksi baterai kendaraan listrik.

Selain itu, proyek Smelter Grade Alumina yang dioperasikan oleh PT Borneo Alumina Indonesia (PT BAI) atau mempawah proyek hasil konsorsium Antam dengan Inalum ini fokus pada pengembangan infrastruktur dan peningkatan nilai tambah komoditas mineral di wilayah Mempawah, Kalimantan Barat.

“MIND ID juga mendorong akselerasi pembangunan transmisi 500 KV PLTU Sumsel 8 untuk memperkuat infrastruktur kelistrikan di provinsi itu. PTBA juga turut dalam proyek pengembangan bisnis turunan batu bara seperti anoda sheet, artificial graphite, dan MEG untuk meningkatkan nilai tambah dari emas hitam,” ujar Heri. 

Di sisi lain, PT Freeport Indonesia juga telah meresmikan fasilitas pemurnian Smelter Gresik yang akan meningkatkan kapasitas pengolahan konsentrat tembaga dan lumpur anoda secara bertahap hingga akhir 2024. Sementara PT Indonesia Asahan Aluminium akan menjalankan peningkatan kapasitas produksi di Kuala Tanjung.

Terakhir, PT Timah Tbk terus didorong perbaikan pola operasi penambangan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, pengembangan produk hilirisasi logam timah untuk memperluas pasar dan nilai tambah, dan optimasi pengelolaan mineral ikutan timah. 

(mfd/spt)

No more pages