Logo Bloomberg Technoz

Menakar Kemungkinan Partai Demokrat Ganti Biden dalam Pilpres

News
29 June 2024 16:30

Presiden AS Joe Biden saat debat presiden pertama di Atlanta, Georgia, AS, Kamis (27/6/2024). (Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden saat debat presiden pertama di Atlanta, Georgia, AS, Kamis (27/6/2024). (Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)

Gregory Korte - Bloomberg News

Bloomberg, Ada cara bagi Partai Demokrat untuk menggantikan Joe Biden sebagai kandidat presiden setelah perdebatan sengit melawan Donald Trump dari Partai Republik. Namun, melakukannya tanpa persetujuan dari pemimpin mereka akan menjadi tugas yang berat.

Anggota partai yang dulunya bersatu mendukung Biden kini sedang mencari-cari kandidat dan meneliti aturan untuk rencana darurat, guna menghadirkan calon berbeda kepada para pemilih. Hal ini terjadi setelah penampilan Biden dalam debat yang dianggap buruk pada Kamis (27/06/2024) memperkuat kekhawatiran tentang kemampuan presiden untuk menjalani masa jabatan kedua.

"Yang paling mudah adalah Biden mengundurkan diri dari pencalonan," kata Elaine Kamarck, anggota Komite Nasional Demokrat (Democratic National Committee/DNC) dan penulis buku tentang proses pencalonan presiden. "Kemudian, ya, ada aturan dan prosedur. Dan partai akan menggantikannya."

Meskipun bisa saja menyingkirkan Biden keluar dari pencalonan, tidak ada kandidat yang jelas untuk menggantikannya. Sehingga, menurut Kamarck, hal ini membuat strategi semacam itu semakin tak mungkin dilakukan.