Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Vietnam Q2-2024 Melaju 6,93%, Didorong Manufaktur

News
29 June 2024 13:00

Hanoi, Vietnam (Sumber: Bloomberg)
Hanoi, Vietnam (Sumber: Bloomberg)

Nguyen Dieu Tu Uyen - Bloomberg News

Bloomberg, Perekonomian Vietnam tumbuh lebih cepat dari perkiraan pada kuartal kedua, didukung oleh pemulihan perdagangan dan peningkatan aktivitas bisnis yang dibantu oleh investasi asing.

Menurut data dari Kantor Statistik Umum di Hanoi pada Sabtu (29/06/2024), produk domestik bruto (PDB) naik 6,93% pada periode April-Juni dibandingkan tahun sebelumnya. Angka ini lebih cepat dari estimasi median analis sebesar 6% yang disurvei oleh Bloomberg, dan revisi pertumbuhan 5,87% pada kuartal pertama.

Kantor statistik tersebut mengatakan dalam pernyataannya bahwa sektor industri tetap kuat pada semester pertama tahun ini dengan pertumbuhan output manufaktur sebesar 8,67%, pendorong ekspansi ekonomi negara tersebut.

Pertumbuhan ekspor sebesar dua digit bersama dengan investasi asing yang tangguh membantu mendukung aktivitas manufaktur Vietnam. Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan PDB Vietnam akan tumbuh 6% tahun ini, naik dari 5% pada tahun 2023 - kecepatan yang akan menjadikannya salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di Asia.

PDB Vietnam