Logo Bloomberg Technoz

Juru bicara Boeing menolak berkomentar, begitu pula DOJ.

Pimpinan Boeing sedang dalam kekacauan sementara dewan direksi mencari CEO baru. Keuangan perusahaan juga menunjukkan tekanan dari perlambatan produksi setelah kecelakaan, karena mereka bekerja untuk meningkatkan kualitas dan melatih kembali pekerja di bawah pengawasan ketat Federal Aviation Administration (FAA). Perusahaan telah memperingatkan bahwa mereka akan menghabiskan sekitar US$8 miliar dalam bentuk tunai selama paruh pertama 2024.

Jaksa penuntut federal tampaknya bersikap lunak pada Boeing ketika mereka mengizinkan perusahaan untuk menghindari dakwaan karena menipu FAA atas perubahan yang dilakukan pada jet 737 Max, yang mengakibatkan dua kecelakaan tersebut.

Departemen tersebut mencapai perjanjian penundaan penuntutan dengan perusahaan yang mencakup denda US$243 juta, tetapi membebaskan para eksekutif senior Boeing dari tanggung jawab atas bencana tersebut, yang kedua terjadi setelah CEO Boeing saat itu meyakinkan publik bahwa pesawat mereka aman.

Sebagai bagian dari kesepakatan 2021, Boeing berjanji untuk meningkatkan kepatuhan internal dan struktur kontrol mereka. Namun, pemerintah tidak meminta pengawas eksternal.

Beberapa keluarga korban kecelakaan meminta DOJ awal bulan ini untuk mendenda Boeing hampir US$25 miliar, dengan mengatakan perusahaan tersebut melakukan "kejahatan korporasi paling mematikan dalam sejarah AS." Salah satu pengacara mereka menyarankan dalam surat kepada departemen bahwa US$14 miliar hingga US$22 miliar dapat ditangguhkan jika pembuat pesawat tersebut menggunakan dana itu untuk pengawas perusahaan independen dan peningkatan program keselamatan mereka.

Pejabat Departemen Kehakiman mengatakan kepada keluarga dalam pertemuan pada bulan Mei bahwa baik eksekutif perusahaan saat ini maupun mantan eksekutif tidak mungkin dituntut, karena tenggat waktu lima tahun untuk mengajukan tuntutan pidana kemungkinan akan menghancurkan upaya penuntutan apa pun.

Keputusan departemen tersebut juga bisa dipengaruhi oleh upaya mereka sebelumnya untuk mengajukan tuntutan. Jaksa penuntut menuduh pilot teknis, Mark Forkner, pada 2021 telah menyesatkan FAA atas materi dalam manual pilot. Namun, Forkner dibebaskan setelah persidangan singkat dengan juri.

(bbn)

No more pages