Logo Bloomberg Technoz

Boeing Negosiasi dengan DOJ, Upaya Hindari Dakwaan Kecelakaan 737

News
29 June 2024 12:00

Boeing (Dok: Bloomberg)
Boeing (Dok: Bloomberg)

Chris Strohm dan Hannah Levitt - Bloomberg News

Bloomberg, Boeing Co sedang bernegosiasi dengan Departemen Kehakiman AS (Department of Justice/DOJ) untuk menyelesaikan kemungkinan dakwaan terkait dua kecelakaan fatal pesawat jetliner 737 Max.

Menurut sumber yang meminta untuk dirahasiakan identitasnya, kesepakatan tersebut dapat diumumkan paling cepat pekan depan, dan diperkirakan akan mencakup penunjukan pengawas perusahaan (corporate monitor) terhadap produsen pesawat terbesar kedua di dunia itu. Jaksa penuntut DOJ ingin mengajukan tuntutan terhadap Boing, tetapi belum jelas apakah perusahaan tersebut akan setuju mengaku bersalah.

Pembicaraan berpusat pada perjanjian penundaan penuntutan (deferred-prosecution agreement) tahun 2021 yang disepakati antara Boeing dan DOJ di masa-masa akhir pemerintahan Trump, setelah dua kecelakaan yang menewaskan 346 orang. Beberapa keluarga korban mendesak pemerintah untuk mengajukan tuntutan pidana, yang dapat membantu mereka mengajukan gugatan terhadap perusahaan.

Penyelesaian kasus yang diajukan pemerintah ini akan menjadi langkah maju bagi Boeing dalam mengatasi kelalaian kualitas di pabrik-pabrik mereka dan pengawasan yang lebih ketat dari regulator, legislator, dan pelanggan. Jika kesepakatan tercapai, krisis ini masih jauh dari selesai. AS terus menyelidiki ledakan panel badan pesawat pada jet Boeing 737 Max 9 milik Alaska Airlines pada Januari, dan dewan juri di Seattle dapat mengajukan dakwaan tambahan.