Logo Bloomberg Technoz

Para pemilih dihadapkan dengan empat kandidat: reformis Masoud Pezeshkian, kandidat garis keras Saeed Jalili dan Mohammad Baqer Qalibaf, serta ulama konservatif Mostafa Pourmohammadi. Pemilihan mendadak ini diadakan setelah Ebrahim Raisi tewas dalam kecelakaan helikopter bulan lalu.

Ekonomi Iran telah dikenai sanksi keras oleh AS sejak Donald Trump membatalkan kesepakatan nuklir penting dengan Republik Islam pada 2018. Mata uangnya, rial, sejak itu telah kehilangan lebih dari 70% nilainya terhadap dolar di pasar terbuka yang tidak diatur.

Ulama yang berkuasa dan Korps Garda Revolusi Islam (Islamic Revolutionary Guard Corps/IRGC) yang kuat menghadapi tingkat ketidakpuasan publik yang meningkat, termasuk protes yang mematikan pada 2022 setelah seorang wanita muda meninggal dalam tahanan polisi. Wanita tersebut ditangkap karena dianggap melanggar aturan berpakaian agama.

Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi. (Sumber: Bloomberg)

Protes di Kedutaan

Sejumlah video yang diposting di media sosial menunjukkan orang-orang melakukan protes di luar kedutaan Iran, tempat kotak suara telah disiapkan bagi warga negara yang tinggal di luar negeri, termasuk London, Berlin, dan Melbourne. Namun, video-video tersebut tidak dapat diverifikasi langsung oleh Bloomberg.

Unit penelitian lembaga penyiaran negara dan Badan Pemungutan Suara Mahasiswa Iran yang dikelola negara memperkirakan jumlah pemilih akan berkisar antara 48% dan 53%, menurut angka yang diterbitkan pada Selasa. Jumlah tersebut sebanding dengan rekor jumlah pemilih yang mencapai rekor terendah, yaitu 48,5%, ketika Raisi terpilih pada 2021. Jumlah tersebut jauh lebih kecil daripada partisipasi 70% yang dilaporkan pada 2017, ketika ulama moderat Hassan Rouhani terpilih kembali dengan kemenangan telak.

Badan-badan pemungutan suara belum merilis perkiraan jumlah pemilih di hari pemungutan suara. Namun sebelumnya pada Jumat, Khamnei menegaskan kembali seruan yang dia sampaikan kepada publik awal pekan ini yang mendesak mereka "untuk melakukan pemungutan suara dengan serius dan berpartisipasi dalam ujian politik yang penting ini," demikian dilaporkan kantor berita semi-resmi Tasnim mengutip pernyataan Khamnei yang diberikan kepada wartawan setelah memberikan suara.

Ini adalah pesan yang akan diikuti oleh para pengikut dan pendukung setianya yang cenderung sangat religius dan memiliki pandangan politik garis keras. Namun, pesan tersebut kemungkinan tidak diperhatikan oleh generasi muda di pusat-pusat perkotaan.

(bbn)

No more pages