Logo Bloomberg Technoz

Partisipasi Rendah di Pilpres Iran Setelah Kematian Ebrahim Raisi

News
29 June 2024 08:30

Presiden Iran Ebrahim Raisi. (Ali Mohammadi/Bloomberg)
Presiden Iran Ebrahim Raisi. (Ali Mohammadi/Bloomberg)

Golnar Motevalli - Bloomberg News

Bloomberg, Pemilihan presiden (pilpres) mendadak di Iran telah dimulai pada Jumat (28/06/2024), dengan kondisi ekonomi yang stagnan dan penolakan terhadap sistem teokrasi yang berkuasa telah membebani para pemilih.

Tempat-tempat pemungutan suara di seluruh Republik Islam dibuka pada pukul 8 pagi waktu setempat. Foto-foto dan rekaman-rekaman yang dirilis oleh media pemerintah sebagian besar menunjukkan antrean yang didominasi oleh perempuan yang mengenakan cadar dan tidak banyak pemuda yang terlihat hadir.

Partisipasi dalam dua pemilu besar terakhir di Iran mencapai rekor terendah, mencerminkan tingkat ketidakpopuleran dan ketidakpuasan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap pemerintahan ulama yang dipimpin oleh Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Mahmoud Sadeghi, seorang politisi reformis terkenal dan mantan anggota parlemen, menulis dalam sebuah postingan di X bahwa ia mengamati “partisipasi jauh lebih rendah dari yang diperkirakan” ketika ia keluar untuk memberikan suara di sebuah lingkungan yang sibuk di pusat Teheran pada pukul 11 pagi waktu setempat.