Logo Bloomberg Technoz

Pasar bertaruh pada satu atau dua pemangkasan lagi di tahun 2024 - pandangan yang didukung oleh beberapa anggota Dewan Gubernur ECB. Selain data Jumat, para investor juga dapat menilai data inflasi dari Jerman pada Senin dan zona euro secara keseluruhan pada Selasa.

Perkiraan terbaru Bloomberg Economics untuk blok tersebut menunjukkan angka 2,4% - turun dari 2,6% pada bulan Mei.

Survei dari ECB, yang juga dirilis pada Jumat, memberikan harapan bahwa penurunan harga akan terus berlanjut. Ekspektasi inflasi di antara konsumen zona euro menurun, baik untuk 12 bulan ke depan maupun untuk tiga tahun ke depan.

Imbal hasil obligasi mulai naik sepanjang pagi, dengan Prancis berkinerja buruk sebelum putaran pertama pemilihan parlemen akhir pekan. Selisih imbal hasil obligasi 10 tahun Prancis dan Jerman melebar tiga basis poin lagi menjadi 85 basis poin - tertinggi sejak 2012. Tingkat suku bunga setara Italia juga naik tipis ke level terlebar sejak Februari.

Di Prancis, inflasi melambat karena kenaikan harga makanan dan energi melambat. Menurut indeks harga nasional, inflasi bahkan lebih rendah daripada data yang diselaraskan, mencapai 2,1% di bulan Juni.

Biaya hidup adalah masalah utama dalam pemilu yang dipercepat, yang dimulai pada Minggu. Survei menunjukkan daya beli dan harga menjadi perhatian utama, dan partai-partai utama telah mengusulkan langkah-langkah termasuk penurunan pajak penjualan dan kenaikan upah minimum.

Pemungutan suara ini mengaburkan prospek jangka pendek, dengan kekhawatiran atas perubahan kebijakan mendorong investor untuk melepas aset Prancis dan mendorong naik biaya pinjaman. Keyakinan konsumen juga memburuk, menurut survei bulanan yang dirilis minggu ini, sementara ada peningkatan yang nyata dalam ekspektasi inflasi dan penurunan prospek untuk taraf hidup.

Namun, kabar baik bagi pemerintah saat ini, laporan terpisah dari Insee menunjukkan pengeluaran konsumen naik 1,5% pada bulan Mei karena rumah tangga lebih banyak mengeluarkan uang untuk makanan dan energi. Para ekonom telah memperkirakan kenaikan 0,2% bulan ke bulan.

(bbn)

No more pages