Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Prancis Melambat, Dorong Keputusan ECB Pangkas Suku Bunga

News
28 June 2024 18:50

Ilustrasi pariwisata di Paris, Prancis. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pariwisata di Paris, Prancis. (Sumber: Bloomberg)

William Horobin - Bloomberg News

Bloomberg, Inflasi Prancis sedikit melambat - memperkuat keputusan Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) untuk mulai menurunkan suku bunga yang berada di rekor tertinggi. Data ini juga menawarkan titik terang ekonomi bagi Presiden Emmanuel Macron dua hari sebelum pemilu.

Menurut badan statistik Insee pada Jumat (28/06/2024), harga konsumen di negara dengan ekonomi terbesar kedua di kawasan euro tersebut naik 2,5% dari tahun lalu di bulan Juni, setelah naik 2,6% pada bulan sebelumnya. Angka ini sesuai dengan perkiraan median ekonom dalam survei Bloomberg.

Laporan terpisah menunjukkan inflasi di Spanyol juga menurun. Kenaikan harga menjadi moderat ke 3,5% dari 3,8%, juga sesuai dengan perkiraan, meskipun ukuran tekanan mendasar tetap stabil. Di Italia, inflasi sedikit naik tetapi tetap di bawah 1%.

Meskipun ECB menurunkan biaya pinjaman bulan ini, sebagian besar pejabat enggan merencanakan jalur kebijakan moneter di tengah ketidakpastian yang tinggi atas berbagai hal mulai dari pertumbuhan upah hingga geopolitik.

Perbandingan inflasi Prancis. dan Italia. (Sumber: Bloomberg)