Logo Bloomberg Technoz

Pejabat The Fed Tegaskan Pertarungan Lawan Inflasi Belum Usai

News
28 June 2024 19:20

Gubernur Federal Reserve Bank of Richmond Thomas Barkin. (Dok: Bloomberg)
Gubernur Federal Reserve Bank of Richmond Thomas Barkin. (Dok: Bloomberg)

Craig Torres - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Bank Federal Reserve Richmond, Thomas Barkin, menyatakan bahwa pertempuran melawan inflasi masih belum dimenangkan. Dia mengatakan ekonomi AS kemungkinan akan tetap tangguh selama pengangguran tetap rendah dan nilai aset tetap tinggi.

"Ekonomi AS, terutama konsumennya, jauh lebih tahan terhadap kenaikan suku bunga daripada yang diperkirakan kebanyakan orang dan kemungkinan akan tetap demikian selama valuasi aset tetap tinggi, dan pengangguran tetap rendah," kata Barkin pada Jumat (28/06/2024) dalam pidato yang disiapkan untuk konferensi Global Interdependence Center di Paris.

Barkin adalah anggota yang melakukan voting di Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), yang awal bulan ini memutuskan untuk mempertahankan suku bunga pada kisaran 5,25% hingga 5,5%, tertinggi dalam lebih dari dua dekade. Gubernur The Fed Richmond itu mengatakan dampak dari kenaikan suku bunga masih terjadi, dan "semua pengetatan ini pada akhirnya akan memperlambat ekonomi."

Namun demikian, "mengingat kekuatan luar biasa yang kita lihat dalam perekonomian," dia mengatakan terbuka dengan gagasan bahwa tingkat suku bunga jangka panjang yang menjaga keseimbangan antara permintaan dan penawaran "telah sedikit meningkat" dan kebijakan tersebut mungkin tidak seketat yang dipersepsikan.