Logo Bloomberg Technoz

Berdasarkan perhitungan per orang, perekonomian juga pulih tajam. PDB per kapita naik 0,5%, direvisi naik dari 0,4%, setelah tujuh kuartal berturut-turut tanpa pertumbuhan. PDB per kapita masih 0,6% lebih rendah dari tahun lalu, kata ONS.

Standar hidup Inggris. (Sumber: Bloomberg)

Standar hidup Inggris naik untuk kuartal kedua berturut-turut ke level tertinggi sejak paruh akhir 2021, didorong oleh kenaikan gaji dan penurunan pajak, seperti yang ditunjukkan oleh laporan ONS. Disesuaikan dengan inflasi, pendapatan rumah tangga yang dapat dibelanjakan per orang naik 0,5%, naik dari kenaikan 0,4% pada kuartal keempat.

Angka-angka tersebut hampir pasti akan dimanfaatkan oleh Partai Konservatif pimpinan Sunak, yang sedang berjuang untuk menghindari kekalahan telak dari oposisi Partai Buruh dalam pemilihan umum 4 Juli. Perdana Menteri berusaha meyakinkan para pemilih yang skeptis bahwa Partai Konservatif dapat dipercaya untuk menjalankan perekonomian yang sekarang menunjukkan tanda-tanda perbaikan setelah krisis biaya hidup terburuk dalam beberapa dekade.

Angka tersebut adalah "kabar baik bagi siapa pun yang menjadi perdana menteri minggu depan," kata Paul Dales, kepala ekonom Inggris di Capital Economics. Ekonomi mungkin "sedikit lebih kuat daripada perkiraan di atas konsensus."

Consumer spending. (Sumber: Bloomberg)

Pertumbuhan yang lebih kuat juga dapat membuat BOE lebih khawatir terhadap tekanan inflasi yang tersisa, sehingga berpotensi menunda penurunan suku bunga pertama sejak pandemi.

"Pada dasarnya, semua ini mungkin membuat Bank of England sedikit kurang nyaman untuk menurunkan suku bunga pada bulan Agustus," kata Dales.

Pemulihan Inggris dari pandemi masih tertinggal dari semua negara anggota G-7 kecuali Jerman, dengan pertumbuhan 1,8% sejak akhir 2019 sebelum virus melanda. Sebaliknya, AS telah melonjak 8,6%.

Pemulihan ekonomi negara-negara G-7. (Sumber: Bloomberg)

Upah di Inggris sekali lagi tumbuh lebih cepat daripada harga, membantu memperbaiki keuangan rumah tangga yang terpukul oleh goncangan harga energi tahun 2022 dan inflasi dua digit. Peningkatan lebih lanjut diperkirakan terjadi pada kuartal ini setelah pemotongan pajak gaji April dan peningkatan besar dalam pembayaran kesejahteraan, pensiun negara, dan upah minimum.

Namun, hal itu mungkin masih membuat pendapatan riil tidak lebih tinggi dari sebelum pemilihan terakhir pada tahun 2019, dan mungkin lebih rendah.

Masih ada tanda-tanda bahwa konsumen tetap berhati-hati. Rasio tabungan, yang menunjukkan jumlah pendapatan yang dapat dibelanjakan yang orang pilih untuk tidak dibelanjakan, naik menjadi 11,1% pada kuartal pertama, tertinggi sejak kuartal kedua 2021. Ini sangat kontras dengan posisi AS, di mana konsumen telah meningkatkan pengeluaran dengan menahan porsi pendapatan mereka yang relatif kecil.

Pengeluaran konsumen Inggris. (Sumber: Bloomberg)

Bank of England memperkirakan ekonomi Inggris tumbuh 0,5% pada kuartal kedua, lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Angka terpisah menunjukkan defisit neraca berjalan, perbedaan antara uang yang keluar dari Inggris dan uang yang masuk, menyempit menjadi £21 miliar, atau 3,1% PDB, pada kuartal pertama. Tidak termasuk logam mulia, yang alirannya bisa fluktuatif, defisit turun sebesar £2,5 miliar menjadi £23,8 miliar.

Perbaikan tersebut didorong oleh defisit perdagangan yang lebih rendah, yang sebagian diimbangi oleh defisit yang lebih tinggi pada aliran pendapatan investasi.

(bbn)

No more pages