Logo Bloomberg Technoz

Usai Manyar, ESDM Bakal Minta Freeport Bangun Smelter Fakfak

Dovana Hasiana
28 June 2024 17:00

Dok. Freeport Indonesia
Dok. Freeport Indonesia

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan pemerintah meminta PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk membangun smelter tambahan di Fakfak, Papua Barat.

Arifin mengatakan smelter PTFI bakal dibangun di Fakfak agar terpusat bersama dengan industri lain di kawasan yang sama.

“Iya [sudah pasti di Fakfak], supaya tersentral. Kan di Fakfak ada industri petrokimia pupuk bangun di situ,” ujar Arifin saat ditemui di kantornya, Jumat (28/6/2024).

Terpisah, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan pembangunan smelter baru di Fakfak menjadi salah satu syarat untuk perpanjangan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) PTFI hingga 2051, dari yang saat ini berlaku hingga 2041.

Menteri ESDM Arifin Tasrif bersama Presdir PT Freeport Indonesia Toni Wenas di Smelter Manyar, Gresik. (Dok. Kementerian ESDM)

Bahlil mengatakan pembahasan mengenai IUPK bakal dilakukan usai peresmian smelter katoda tembaga di Manyar, Gresik, Jawa Timur, pada Kamis (27/6/2024).