Logo Bloomberg Technoz

SoftBank Kumpulkan Rp30,47 T dari Jual Obligasi Dolar & Euro

News
28 June 2024 16:10

Chairman dan CEO SoftBank Masayoshi Son (Dok: Bloomberg)
Chairman dan CEO SoftBank Masayoshi Son (Dok: Bloomberg)

Takahiko Hyuga - Bloomberg News

Bloomberg, SoftBank Group Corp mengumpulkan sekitar US$1,86 miliar (Rp30,47 triliun) melalui penjualan obligasi dolar dan euro dalam kesepakatan utang mata uang asing pertamanya sejak 2021. Langkah ini seiring dengan upaya perusahaan teknologi Jepang tersebut untuk memulai investasi dalam kecerdasan buatan.

Perusahaan milik miliarder Masayoshi Son ini mengatakan bahwa mereka telah menerbitkan dua tranche dolar pada Kamis dengan total US$900 juta dan dua tranche euro dengan total dana yang terkumpul sebesar €900 juta (US$964 juta). SoftBank mengatakan bahwa dana tersebut akan digunakan untuk melunasi utang dan mendanai operasional.

SoftBank dan pendirinya, Son, telah melakukan investasi besar dalam bidang AI baru-baru ini yang menggarisbawahi ekspektasi bahwa mereka akan mempercepat laju aktivitas mereka di bidang tersebut.

Perusahaan Jepang ini tahun ini secara langsung menginvestasikan US$200 juta ke Tempus AI Inc, sebuah perusahaan rintisan yang menganalisis data medis bagi dokter dan pasien untuk menghasilkan perawatan yang lebih baik.