Logo Bloomberg Technoz

Akibatnya, konser yang dihadiri ribuan orang itu menyisakan kesan negatif tersendiri di hati pengunjung. Beberapa pengunjung ada yang rela mengantre di kawasan Sunter, Jakarta Utara, dan kemudian berjalan sekitar dua kilometer menuju lokasi konser.

Bahkan malam disituasi sekitar JIS sangat rusuh dan tak damai. Kemudian kesemrawutan terjadi di luar area sekitar JIS yang menjadi lahan parkir dadakan bagi pengunjung karena terbatasnya area parkir di dala komplek JIS.

Selain minim lahan parkir, juga terbatasnya transportasi publik menuju JIS. Saat itu hanya ada Kereta Rel Listrik (KRL) yang layanannya berakhir di Stasiun Ancol. Penumpang kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan mikrotrans Jaklingo. Inilah yang kemudian membuat para pengunjung membludak membawa kendaraan pribadi ke JIS.

Selain itu, saat konser musik TWICE, ada momen dari Jihyo cs yang kaget dengan kondisi panas di Jakarta. Dengan momen tersebut penggemar terlihat melayangkan protes ke promotor.

Disebutkan bahwa venue JIS terlalu panas dan tak ada angin sama sekali. Kemudian sepanjang konser seat suara terlalu noise (berisik) dan tak kedengaran.

Kemudian sistem parkir yang tak jelas untuk melakukan drop-off yang akhirnya mengakibatkan kemacetan panjag di sekitar JIS. 

Lalu akses pintu keluar pun hanya disediakan 1 sehingga menimbulkan dempe ketika para pengunjung ingin pulang.

Sama halnya saat pagelaran konser Ed Sheeran yang digelar di awal 2024,  jalan di sekitar pintu keluar JIS sangat padat. Satu ruas jalan diisi langsung oleh kendaraan mobil, motor sekaligus penonton yang memilih berjalan kaki menuju hotel atau lokasi yang mudah dan mendapatkan sinyal dan transportasi umum.

Pintu keluar menuju jalur utama. Ketika keluar stadion, penonton antre berdesakan untuk menuruni tangga dari dalam stadion menuju pintu keluar, salah satunya melalui Pintu Selatan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pernah menuturkan pihaknya akan mengecek kesiapan JIS untuk mengadakan konser selanjutnya yaitu, Bruno Mars. Sandi berharap infrastruktur JIS dapat segera diperbaiki. 

"Itu masukan kita untuk JIS. Kalau GBK sudah siap, nanti saya musti cek, Bruno Mars dapat ga slot di GBK. Kalau di GBK lebih tertangani tapi kalau nanti dapat di JIS atau lokasi lain kita harus simulasi, sehingga aksesbilitasnya lebih bisa terjangkau," pungkasnya.

(dec/spt)

No more pages