Logo Bloomberg Technoz

Begini cara diskusi tersebut dapat berlangsung:

Apakah ada presedennya?

Ya. Presiden Lyndon Johnson memutuskan untuk tidak mencalonkan diri kembali untuk masa jabatan kedua pada 1968, saat protes Perang Vietnam meningkat. Dalam pidato di Oval Office, Johnson membuat pengumuman mengejutkan bahwa "Saya tidak akan mencari, dan saya tidak akan menerima, pencalonan dari partai saya untuk masa jabatan berikutnya sebagai presiden Anda."

Hal itu terjadi pada akhir bulan Maret — sangat terlambat bahkan sebelum kalender pencalonan modern menjadi seperti sekarang. Tidak seperti Johnson, Biden telah mendapatkan cukup delegasi untuk pencalonannya.

Dapatkah Biden dikeluarkan dari pencalonannya?

Akan sulit. Biden menghadapi sedikit perlawanan dalam pemilu pendahuluannya partainya, dan telah mendapatkan 99% dari total delegasi konvensi yang dijanjikan. Delegasi-delegasi tersebut  akan dipilih karena loyalitas mereka kepada presiden. Tanpa adanya keadaan luar biasa, dan tidak adanya rencana cadangan, kecil kemungkinannya mereka akan mencopot Biden dari pencalonan.

Setiap penantang Biden harus mengumumkan pencalonannya sebelum pemungutan suara resmi, dan secara terbuka menantang petahanan dalam upaya kudeta partai yang berisiko tinggi.

Media bekerja selama debat presiden pertama antara Joe Biden dan Donald Trump di Atlanta, AS, Kamis (27/6/2024). (Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)

Seberapa cepat keputusan harus dibuat?

Segera.

Komite Nasional Partai Demokrat (Democratic National Committee/DNC) telah merencanakan untuk mempercepat pencalonan Biden melalui pemungutan suara roll call sebelum konvensi, guna memenuhi tenggat waktu pemungutan suara pada 7 Agustus di Ohio. Badan legislatif Ohio yang dipimpin Partai Republik telah memperpanjang batas waktu tersebut. Namun, ketua Partai Demokrat, Jaime Harrison, mengatakan partainya akan tetap melaksanakan pemungutan suara lebih awal sehingga konvensi tersebut — yang dimulai pada 19 Agustus — hanya sebagai formalitas.

Apa yang terjadi jika Biden mundur setelah konvensi?

Keputusan untuk menggantikannya akan dibuat oleh anggota DNC. Namun, partai tersebut kemudian akan menghadapi hambatan lain: Surat suara yang sudah mencantumkan nama Biden.

Undang-undang berbeda-beda di setiap negara bagian mengenai cara penghitungan suara untuk Biden jika dia tidak lagi menjadi calon presiden. Namun, suaranya kemungkinan besar akan diberikan kepada penggantinya saat Electoral College bertemu.

Siapa yang mungkin menjadi penggantinya?

Wakil Presiden Kamala Harris adalah penerus paling logis, tetapi hal itu tidak akan terjadi secara otomatis.

Kandidat lain yang menunggu — yang menunda pencalonan diri mereka dan terus mendukung Biden secara publik — termasuk Gubernur California Gavin Newsom, Gubernur Illinois J.B. Pritzker, dan Gubernur Michigan Gretchen Whitmer.

Berdasarkan jajak pendapat Bloomberg News/Morning Consult di tujuh negara bagian yang menjadi medan pertempuran, tak satu pun dari kandidat tersebut yang mendapatkan suara lebih baik untuk melawan Trump daripada Biden.

Bagaimana dengan uangnya?

Kampanye kepresidenan modern merupakan upaya yang sangat mahal, dan pertimbangan finansial memainkan peranan yang penting.

Tim kampanye dan partai Biden memiliki uang tunai sebesar $212 juta pada akhir bulan Mei, dan uang tersebut akan tersedia bagi Harris jika ia mengambil alih posisi tersebut. Kandidat lain kemungkinan besar harus memulai dari awal.

Tim kampanye Biden dan Partai Demokrat telah menghabiskan sekitar US$346 juta untuk mencoba memenangkan kembali Biden. Memilih kandidat lain bisa memerlukan biaya yang lebih banyak untuk memperkenalkan nama baru tersebut kepada pemilih.

(bbn)

No more pages