Logo Bloomberg Technoz

Hasil Debat Mengecewakan, Demokrat Bakal Cari Penggati Biden?

News
28 June 2024 16:20

Presiden AS Joe Biden saat debat presiden pertama di Atlanta, Georgia, AS, Kamis (27/6/2024). (Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden saat debat presiden pertama di Atlanta, Georgia, AS, Kamis (27/6/2024). (Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)

Gregory Korte - Bloomberg News

Bloomberg, Performa Presiden AS Joe Biden dalam debat melawan Donald Trump memunculkan pertanyaan baru tentang apakah Partai Demokrat punya pilihan lain pada pemilu November, jika presiden berusia 81 tahun itu tidak lagi bersedia atau mampu berkampanye.

Dengan Biden yang sudah dipastikan mendapatkan nominasi, prospek Partai Demokrat untuk melakukan perubahan arah semakin berkurang.

Berbicara dengan suara serak dan mengalami apa yang dikatakan oleh para ajudannya sebagai flu, Biden berbicara dengan terbata-bata dan kadang terputus-putus dalam debat pada Kamis (27/06/2024). Hal ini semakin menimbulkan pertanyaan tentang kemampuannya untuk melayani warga AS empat tahun lagi. Biden mengatakan kepada wartawan setelah itu bahwa dia akan tetap mencalonkan diri.

"Dia memang semakin kuat saat debat berlangsung, tetapi pada saat itu, menurut saya kepanikan sudah mulai menyerang," kata David Axelrod, mantan ahli strategi kampanye untuk Barack Obama, kepada CNN. "Menurut saya Anda akan mendengar ada diskusi — yang saya tidak tahu apakah akan menghasilkan apa pun — tetapi akan ada diskusi tentang apakah dia harus melanjutkan."