Logo Bloomberg Technoz

Telkom Akui Masih Ada Celah Sistem PDNS Sebabkan Hacker Masuk

Sultan Ibnu Affan
28 June 2024 15:00

Gedung Telkom Hub ( Dok telkomsat.co.id )
Gedung Telkom Hub ( Dok telkomsat.co.id )

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengakui penyebab bobolnya penyimpanan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 akibat ada celah dalam sistem pengamanan yang disiapkan perusahaan.

SVP Corporate Communication & Investor Relation TLKM Ahmad Reza mengatakan celah tersebut menjadi salah satu penyebab para peretas mampu memanfaatkan untuk menyandera data yang berjumlah ratusan milik instansi pemerintah, kementerian dan lembaga.

"Cybersecurity telah disiapkan namun hacker berhasil memanfaatkan celah yang tidak sempat terdeteksi sebelumnya," ujarnya saat dihubungi, Jumat (28/6/2024).

Kendati demikian, Reza mengatakan, perseroan melalui entitas usahanya, PT TelkomSigma telah melakukan berbagai upaya persiapan langkah pencegahan. 

Hal itu sejalan dengan pedoman konsep disaster recovery plan perusahaan dalam menyediakan layanan bisnis data center dan cloud services. Pedoman itu sebagai langkah mencegah kemungkinan terburuk pada masa mendatang, termasuk soal serangan siber.