Logo Bloomberg Technoz

Sidang SYL Masuk Agenda Pembacaan Tuntutan Hari Ini

Muhammad Fikri
28 June 2024 13:35

Hakim memimpin sidang Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Pengadilan Tipikor, Senin (27/5/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Hakim memimpin sidang Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Pengadilan Tipikor, Senin (27/5/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) akan menjalani sidan dengan agenda pembacaan tuntutan hari ini, Jumat (28/6/2024). SYL merupakan terdakwa kasus gratifikasi dan pemerasan yang didakwa mencapai puluhan miliar.

“Betul, hari ini Jumat, 28 Juni 2024, salah satu agenda di Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat adalah pembacaan surat tuntutan SYL dan kawan-kawan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK” kata Jubir KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto melalui pesan singkat, Jumat (28/6/2024)

Pembacaan putusan tersebut tidak hanya ditujukan ke terdakwa SYL, melainkan untuk terdakwa lainnya, yaitu eks Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono, dan eks Dirjen Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Kementan, M Hatta.

Agenda pembacaan tuntutan dilanjutkan usai persidangan pemeriksaan saksi mahkota. Pemeriksaan saksi mahkota merupakan saksi yang juga melingkupi terdakwa pada kasus tersebut.

Pemeriksaan saksi mahkota SYL, memunculkan sejumlah fakta persidangan terbaru, diantaranya pemberian sejumlah uang dan barang mewah ke mantan Ketua KPK, Firlu Bahuri, dan Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin.