Logo Bloomberg Technoz

Makin Tegang, Taiwan Imbau Warga Hindari Perjalan ke China

News
28 June 2024 14:30

Bendera Taiwan (Sumber: Bloomberg)
Bendera Taiwan (Sumber: Bloomberg)

Yian Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Taiwan telah menaikkan peringatan perjalanan ke China ke level tertinggi kedua. Keputusan ini dibuat mengikuti keputusan Beijing untuk memperkuat undang-undang yang mengancam "para separatis" di Taiwan dengan hukuman mati.

Dewan Urusan Daratan Taiwan, yang mengawasi hubungan dengan Beijing, merilis pernyataan via situs web resmi pada Kamis (27/06/2024) yang mengatakan penduduk dari negara demokrasi yang memerintah sendiri tersebut harus menghindari semua perjalanan yang tidak penting ke China, Hong Kong, dan Macau. 

Pihak berwenang mengatakan langkah itu didorong oleh keputusan Beijing untuk menyempurnakan definisi hukum tentang apa yang dianggapnya sebagai separatis Taiwan. China sekarang menganggap warga Taiwan yang mempromosikan keanggotaan mereka dalam organisasi internasional dan melakukan pertukaran resmi dengan pemerintah asing sebagai pencari kemerdekaan.

Insiden baru-baru ini di mana orang Taiwan ditahan di China juga dicatat sebagai faktor dalam menaikkan tingkat peringatan perjalanan menjadi oranye.