Logo Bloomberg Technoz

Kaesang Bantah Tuduhan PKS Soal Lobi Politik Jokowi

Mis Fransiska Dewi
28 June 2024 13:03

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. (Tangkapan Layar via Instagram @psi_id)
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. (Tangkapan Layar via Instagram @psi_id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep membantah pernyataan Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Alhabsyi yang menuduh adanya lobi politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilkada DKI Jakarta. Putra bungsu Jokowi itu menantang Aboe Bakar menyebutkan nama partai politik yang dilobi Jokowi untuk mau mengusung Kaesang sebagai calon gubernur atau pun calon wakil gubernur di pilkada mendatang.

"Pak Sekjen PKS [Aboe] tidak bicara sesuai fakta. Pak Jokowi tidak pernah menawarkan nama saya ke partai-partai. Silakan cek, atau sebut partai mana yang pernah ditawari Pak Jokowi,” kata Kaesang dalam keterangannya, dikutip Jumat (28/6/2024). 

“Cara-cara seperti itu tidak baik dan ini merupakan kebohongan pada publik." 

Menurut dia, kewenangan untuk mencalonkan seseorang dalam kontestasi politik berada di tangan setiap ketua umum partai politik. Sedangkan Presiden Jokowi bukan ketua umum atau pun petinggi partai politik.

Toh, kata dia, PSI juga memenuhi syarat untuk mengusung nama kadernya berlaga di Pilkada Jakarta karena memiliki delapan kursi dari Pileg DKI Jakarta 2024. Hal ini ingin menegaskan jika dirinya kelak maju adalah hak dan keputusan politik PSI.