Logo Bloomberg Technoz

Kelola Pusat Data Sementara, Telkom Akui Ikut Arahan Kominfo

Sultan Ibnu Affan
28 June 2024 10:21

layanan telekomunikasi dari menara Telkom. (dok perusahaan)
layanan telekomunikasi dari menara Telkom. (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) mengakui bahwa perusahaan memastikan telah berusaha untuk membuat pencegahan keamanan kemungkinan terburuk atau disaster recovery plan terhadap proyek pusat data nasional sementara (PDNS) yang belakangan diretas ransomware.

Sebagai catatan, dalam menyediakan layanan bisnis data centger dan cloud services, TLKM sendiri telah berpedoman dalam konsep disaster recovery plan, sebagai langkah mencegah kemungkinan terburuk pada masa mendatang, termasuk soal serangan siber.

"Penyediaan layanan PDNS ini dilakukan oleh Telkom dengan mengacu pada kerangka acuan kerja yang telah ditetapkan oleh Kominfo." ujar SVP Corporate Communication & Investor Relation TLKM Ahmad Reza saat dihubungi, dikutip Jumat (28/6/2024).

Meski demikian, Reza mengatakan, perseroan telah melakukan berbagai upaya persiapan langkah pencegahan. Dia mengakui bahwa para peretas tersebut berhasil memanfaatkan celah yg tidak sempat terdeteksi sebelumnya atau dikenal sebagai ransomware terbaru.

"Cybersecurity telah disiapkan namun hacker berhasil memanfaatkan celah yg tidak sempat terdeteksi sebelumnya," ujar dia.