Logo Bloomberg Technoz

Debat Biden vs Trump Usai, Rupiah dan Valuta Asia Kompak Menguat

Tim Riset Bloomberg Technoz
28 June 2024 10:08

Ilustrasi rupiah. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ilustrasi rupiah. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Debat perdana kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) antara Petahana Joe Biden dan Donald Trump berlangsung dengan penampilan Biden yang dinilai gagap dalam menjawab dan adu argumen. 

Debat perdana itu melesatkan indeks dolar AS pagi ini kembali di atas 106, setelah pada penutupan bursa New York dini hari tadi waktu Indonesia the greenback ditutup melemah.

Imbas kenaikan indeks dolar AS sempat melemahkan mata uang Asia termasuk rupiah pada awal perdagangan. Namun, setelah debat berakhir pada sekitar pukul 10 malam waktu Amerika, mata uang Asia berbalik menguat di hampir semua kawasan.

Presiden AS Joe Biden dan Ex-Presiden AS Donald Trump saat debat presiden pertama di Atlanta, AS, Kamis (27/6/2024). (Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)

Indeks dolar AS saat ini masih bertahan di 106,014, akan tetapi mata uang Asia bergerak menguat dipimpin oleh won Korea 0,22%, lalu dolar Taiwan 0,16%, rupee India 0,14%, rupiah bergerak menguat juga ke Rp16.382/US$, disusul oleh peso Filipina menguat 0,11%.

Sejauh ini hanya baht Thailand yang masih tergerus tipis melawan dolar AS, turun 0,05%.