Logo Bloomberg Technoz

Debat Capres AS: Biden Tergagap Saat Trump Menyerang

News
28 June 2024 10:00

Presiden AS Joe Biden dan Ex-Presiden AS Donald Trump saat debat presiden pertama di Atlanta, AS, Kamis (27/6/2024). (Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden dan Ex-Presiden AS Donald Trump saat debat presiden pertama di Atlanta, AS, Kamis (27/6/2024). (Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)

Josh Wingrove, Stephanie Lai dan Skylar Woodhouse - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Joe Biden bicara gagap di awal debat presiden pada Kamis (27/6/2024). Penampilannya berisiko memperburuk kekhawatiran tentang usianya dan mengintensifkan kekhawatiran Partai Demokrat tentang kemampuan kandidat mereka untuk mengalahkan calon dari Partai Republik, Donald Trump pada Pemilu November mendatang.

Biden berhenti sejenak dan terlihat terdiam saat menjawab pertanyaan tentang aborsi dan tergagap-gagap pada jawaban-jawaban lainnya. Ia juga salah menyebutkan angka-angka seperti jumlah pekerjaan yang tercipta di bawah pemerintahannya dan batasan biaya obat yang ia terapkan.

Performa yang goyah ini mengancam untuk melemahkan kampanye Biden, memicu serangan dari Partai Republik yang mengatakan bahwa pada usia 81 tahun, presiden tertua dalam sejarah AS ini tidak layak untuk menjalani masa jabatan empat tahun lagi. Trump memanfaatkan kesalahan langkah Biden dengan menyindir lawannya dalam sebuah diskusi tentang imigrasi.

"Saya benar-benar tidak tahu apa yang dia katakan mengenai hal ini, dan saya rasa dia juga tidak tahu apa yang dia katakan," kata Trump.