Logo Bloomberg Technoz

Dolar AS Bangkit Lagi Kala Biden vs Trump Debat Perdana

Ruisa Khoiriyah
28 June 2024 09:35

Ilustrasi Dolar AS (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Dolar AS (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks dolar Amerika Serikat (AS) kembali bangkit melampaui 106, setelah tadi malam pada penutupan bursa New York ditutup melemah. 

Kebangkitan lagi indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan the greenback terhadap enam mata uang utama dunia, ke level 106,088 pada pukul 09:12 WIB, hari ini, Jumat (28/6/2024), adalah akibat sentimen yang muncul dari ajang debat perdana kandidat Calon Presiden AS Donald Trump dan Joe Biden yang disiarkan langsung malam hari waktu Amerika.

Penampilan petahana Joe Biden terlihat kewalahan di awal debat dan dinilai makin berisiko memperburuk kekhawatiran publik terhadap usianya saat ini dan mengerek kecemasan Partai Demokrat dalam upaya mengalahkan Republik dalam Pemilu November nanti.

Padahal, Trump memiliki banyak 'titik lemah' yang bisa diserang menyusul dakwaan 34 kasus pidana dan perannya dalam memicu demonstrasi pada 6 Januari. Penampilan Biden dalam debat diselingi oleh kesalahan, penyebutan kalimat yang berulang-ulang, salah penyajian, memicu kekhawatiran akan kondisi fisik dan ketajaman pikirannya.

Biden mengabaikan sebagian besar jawaban Trump dan bicara dengan lemah saat menjawab. Dia tersandung pada penyebutan angka-angka penting seperti jumlah lapangan kerja yang diciptakan di bawah pemerintahannya, batasan biaya obat-obatan yang harus dibayar juga isu biaya insulin yang menjadi pular utama dalam upayanya agar terpilih lagi.