Logo Bloomberg Technoz

Kominfo Klaim Pemulihan Data PDN Surabaya Rampung Agustus 2024

Muhammad Fikri
28 June 2024 09:40

Bedah Proyek PDN yang Kena Ransomware & Minta Tebusan US$8 Juta (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Bedah Proyek PDN yang Kena Ransomware & Minta Tebusan US$8 Juta (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi menyampaikan target pemulihan data di Pusat Data Nasional (PDN) sementara 2 yang berlokasi di Surabaya akibat serangan ransomware Brain Cipher yang merupakan versi baru dari LockBit 3.0 akan rampung pada Agustus mendatang.

“Tiga bulan sejak insiden jadi full recovery layanan PDNS 2. KSO [kerja sama usaha antar penyedia] itu termasuk tindak lanjut rekomendasi hasil forensik yang diharapkan pertengahan Agustus 2024 sudah bisa dituntaskan” kata Budi, Kamis (27/6/2024).

Menurut dia, langkah penyelesaian masalah peretasan sudah berjalan dengan sejumlah stakeholder pertahanan siber dan pengelola PDN. Sebagai respon pertama, kata dia, Kominfo bersama KSO, dan pengguna PDN sementara yaitu kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah telah melakukaan koordinasi pada pekan ketiga Juni lalu.

Pada tahap pertama ini, mereka berupaya memetakan aset data yang berada pada PDN sementara 2 Surabaya. Pemetaan rencananya akan berlangsung dan harus selesai pada akhir Juni. 

“Sirkulasi surat kewajiban backup dari Kominfo, KSO PDNS, dan K/L/D sampai dengan Minggu keempat bulan Juni, penyusunan strategi dan pedoman recovery layanan ini juga Minggu sudah bisa diselesaikan,” ujar Budi